Jumat, 07 Oktober 2011

Konversi Mamet

Tiga dekade lalu David Mamet dikenal di kalangan masyarakat budaya memakan untuk menulis drama dengan banyak kata-kata kotor. "Kau f-ing f-ed" adalah garis biasanya Mamet-seperti, muncul tanpa strip rapi kembali pada hari ketika dramawan masih berjuang untuk mendapatkan apa pun lebih kuat daripada sialan di atas panggung. Mamet senonoh bahkan menjadi lelucon populer: Jadi ada pengemis ini yang mendekati seorang pria mencari dibedakan dan meminta uang. Pria itu menjawab angkuh: "'Baik peminjam atau pemberi pinjaman menjadi'-William Shakespeare." Pengemis terlihat padanya. "'F-Anda-David Mamet." Beberapa kritikus mengatakan dramanya sia-sia brutal. Sebagai akibatnya ia menjadi terkenal dan kaya. Ini tidak sakit ketika sadar orang-orang yang banyak dramanya, untuk semua senonoh dan kebrutalan, adalah karya kekuatan besar dan keindahan, dan sering sangat lucu untuk boot.
Ketika orang mulai berkata, karena mereka semakin lakukan dengan tahun 1980-an tengah, bahwa penulis Kecepatan-the-Plow- dan Amerika Buffalo dan Lakeboat telah mendapatkan tempat di peringkat atas dramawan abad itu, tidak ada pikiran yang adalah lelucon. Dia mengambil untuk menulis untuk film-film ( Putusan , The Untouchables , Wag Anjing ), memenangkan Hadiah Pulitzer untuk salah satu karya-Nya ( Glengarry Glen Ross ), dan pindah ke Holly-kayu, di mana ia menjadi pemain dihormati dan aktif dalam di showbiz keramaian. Ketenaran-Nya sudah cukup untuk mengisi kios-kios Memorial Hall di Stanford University ketika ia datang untuk memberikan ceramah suatu malam beberapa tahun lalu. Sekitar setengah penonton adalah mahasiswa. Sisanya penuaan fakultas berkencan murah dengan istri atau suami mereka. Anda bisa mengidentifikasi profesor laki-laki dengan jenggot tipis dan sandal-'n'-kaus kaki sepatu. Para istri berada di rok sampul dan memiliki rambut lebih pendek dari suami mereka.Mamet telah dibawa ke kampus oleh Hillel, dan subjek pembicaraannya adalah Tidak banyak bicara Yudaisme "Seni, Politik, Yudaisme, dan Pikiran David Mamet.", Bagaimanapun, setidaknya tidak secara eksplisit. Dia datang terlambat dan mengambil panggung tampak samar-samar hilang. Dia menarik diri dari jaketnya setumpuk kertas yang cepat menjadi kusut. Dia kehilangan tempatnya sering. Dia tersandung kalimat-Nya. Tapi kegelisahan yang mulai riak melalui penonton itu kurang untuk melakukan dengan pengiriman pembicara daripada dengan isi pidato nya. Mamet adalah memberikan serangan frontal pada pendidikan tinggi Amerika, penyedia kehidupan hampir semua orang di audiens nya. Tinggi ed, katanya, adalah skema yang rumit untuk mencabut orang-orang muda kebebasan berpikir mereka. Dia membandingkan empat tahun perguruan tinggi untuk percobaan laboratorium di mana tikus dilatih untuk menarik tuas untuk pelet makanan. Seorang siswa membacakan beberapa sedikit diterima dan teruji kebijaksanaan-"Thomas Jefferson: budak pemilik, pezinah, tarik tuas"-dan dihargai dengan pelet nya: nilai, gelar, dan akhirnya keanggotaan seumur hidup di sebuah suku dari orang-orang terdidik untuk melihat dunia dengan cara yang sama. "Jika kita mengidentifikasi setiap interaksi sebagai memiliki korban dan penindas, dan kita mendapatkan pelet ketika kita menemukan korban, kita melatih diri kita sendiri tidak melihat sebab dan akibat," katanya. Apakah tidak ada, ia melanjutkan, sebuah "jauh lebih menarik. . . pandangan tentang dunia di mana tidak semuanya dapat dikurangi menjadi korban dan penindas? " Hal ini menyebabkan pembelaan penuh-tenggorokan kapitalisme, sebuah ledakan di pajak yang tinggi dan redistribusi kekayaan, sebuah kecaman dari tindakan afirmatif, himne lama dengan kebesaran dan keajaiban Amerika Serikat, dan tuduhan kemunafikan terhadap mahasiswa dan fakultas yang dibenci bisnis dan modal bahkan saat mereka makan dari modal yang kerja keras dan kecerdikan pengusaha telah dimungkinkan. Kesimpulan implisit adalah bahwa para mahasiswa di penonton harus berhenti menjadi tikus laboratorium dan putus sekaligus, dan fakultas harus malu sendiri untuk berpartisipasi dalam penipuan-yang "membuang," sebagai Mamet menyebutnya. Seolah berani pidato seperti yang telah saya pernah melihat, dan tidak cukup sopan-Mamet terlalu ramah bersikap kasar-tapi hampir. Para siswa di Memorial Hall tampak sebagian besar tidak terganggu. Riak ketidakpuasan dikeluarkan dari anggota yang lebih tua dari kerumunan. Dua pasangan di depan saya ditembak terlihat satu sama lain sebagai Mamet pergi-pertama senyum sedikit ketat, kemudian cepat menggeleng kepala, setelah beberapa menit mata-gulungan, dan akhirnya gerakan lalui yang sinyal untuk berjalan keluar. Diikuti beberapa orang lain, dengan wajah muram. Itu terlalu banyak, benar-benar. Itu salah satu hal untuk merangsang teater progresif dengan adegan kekerasan fisik dan penyiksaan psikologis dan baris seperti Tapi "Kau f-ing f-ed." David Mamet akhirnya telah pergi terlalu jauh. Dia berubah menjadi af-ing Republik.Bulan depan jumlah yang jauh lebih besar dari kaum liberal dan kiri akan memiliki kesempatan untuk terkejut dengan Mamet pidato Stanford. Bagian dari itu membentuk sebagian besar bab dalam buku barunya yang singkat, esai punchy, Pengetahuan Rahasia: Pada Pelucutan Budaya Amerika . Buku ini menandai titik terminal konversi tahun panjang dari kiri ke kanan yang Mamet-pengamat (ada cukup beberapa ini) telah lama dicurigai tapi belum cukup dikonfirmasi. Itu bagian konversi memoar, antropologi bagian, kata kasar bagian, bagian baja-perangkap argumen-kesaksian dari seorang pria yang sangat cerdas yang telah merenggut dirinya dari satu bola dan sekarang menyatakan kewarganegaraannya di negara lain, sangat keras. Mamet sendiri belum pernah seorang dramawan politik atau drama ide, yang berkaitan dengan tema membumi-bagaimana, misalnya, bahwa sehari-hari konflik senyawa menjadi bencana. Dramanya berat dengan pemandangan tragis interaksi manusia. Mereka digambarkan, seperti yang ia katakan, orang melakukan hal-hal tercela satu sama lain, digerakkan oleh keserakahan atau kekuasaan nafsu atau beberapa keinginan tanpa nama. Namun, kritikus politik berpikiran senang untuk ilahi maksud politik: Amerika Buffalo , diatur dalam sebuah toko barang bekas, atau Glengarry Glen Ross , diatur dalam sebuah kantor real estate, adalah alegori dari heartlessness suatu negara (kita) yang diperintah oleh pasar dan modal . Akhir mereka selalu bahagia atau tak terselesaikan mengemudikan titik rumah. Dan kritikus itu benar. Para Mamet dunia yang diciptakan adalah satu-setengah dari pandangan sayap kiri kehidupan, pula: hutan Hobbes yang Utopis akan menyelamatkan kita dari, idealisme liberal dengan sisi cerah ke bawah. Pengetahuan Rahasia dimulai dengan pembunuhan ayah-a-menggorok tenggorokan lisan dari dramawan Bertolt Brecht sayap kiri, ayah tiga generasi dramawan, terutama mereka yang, seperti Tony Kushner atau Anna Deavere Smith atau Christopher Durang, membuat agitprop tujuan utama dari seni mereka . Untuk sebagian besar dari karirnya Mamet dihormati Brecht juga: Itu adalah hal yang harus dilakukan. Hormat datang untuk berakhir ketika akhirnya dia melihat sebuah ketidaksesuaian antara politik Brecht dan hidupnya. Meskipun berdarah dingin-bahkan berdarah-berpikiran-advokasi untuk kepemilikan publik atas alat-alat produksi dan negara penyitaan kekayaan pribadi, ia selalu berhati-hati cipta drama-dramanya. Lebih, dia memastikan royalti yang disimpan di rekening bank Swiss jauh dari cengkeraman Jerman Timur, di mana ia nominal warga negara. "Protes Nya [melawan kapitalisme] tidak ditanggung oleh tindakannya, dan tidak pula mereka akan," tulis Mamet. "Mengapa, kemudian, dia mengaku Komunisme? Karena dijual. . . . Dukungan publik terhadap dramanya membuatnya bertahan hidup, seperti Marx tetap hidup dengan keluarga Engels keberuntungan telah dibuat menjual furnitur, seperti universitas, didirikan dan didanai oleh sistem Usaha Bebas. . . dukungan dan memanjakan generasi muda dalam disertasi mereka pada kejahatan Amerika. " Sebagai urutan percepatan kalimat terakhir menunjukkan-dari Brecht Marx ke seluruh sistem pendidikan Amerika lebih tinggi-salah satu tipis aha! memimpin mengkonversi ke sebuah wahyu yang lebih besar dan kemudian ke satu bahkan lebih luas dan lebih komprehensif. Itulah cara itu adalah dengan pengalaman konversi: Timbangan jatuh dalam kaskade. Satu bola lampu cenderung untuk berangkat lagi, sampai pop-pop-pop seperti paparazi di malam Oscar. Dan kemudian Mamet berpikir lagi, dan melihat ke dalam cermin. "Saya tidak pernah mempertanyakan asumsi suku saya bahwa Kapitalisme buruk," tulis dia sekarang, "meskipun aku, secara bersamaan, tidak pernah bertindak atas perasaan ini." Dia selalu senang untuk menguangkan cek royalti dan memastikan untuk bersikeras pada biaya lisensi. "Saya mendukung diri saya sendiri, seperti semua orang bukan pada tunjangan pemerintah, melalui operasi Pasar Bebas." Dia melihat ia Berbicara Kiri dan Kanan Hidup, sebuah kondisi umum di antara kaum liberal Amerika, terutama orang kaya di antara mereka, yang dapat, misalnya, ingin memaksakan persyaratan keanekaragaman di perusahaan swasta ketika tinggal di lingkungan monokromatik, atau suara melawan voucher sekolah saat mengirim anak-anak mereka ke sekolah persiapan, atau tempat penampungan sementara pendapatan mereka advokasi tarif pajak yang lebih tinggi. Kesenjangan yang semakin lebar antara politik liberal dan kehidupan liberal menjadi nyata kepadanya ketika, cukup paradoks, ia memutuskan pada akhirnya untuk menulis sebuah drama politik, atau lebih tepatnya sebuah drama tentang politik. Ini adalah pertama kalinya dia berpikir tentang politik partisan untuk setiap periode yang berkelanjutan. "Ini terjadi setelah pemilu 2004," katanya dalam sebuah wawancara bulan lalu. "Saya tidak pernah bertemu dengan konservatif. Aku tidak tahu apa yang konservatif itu. Aku tidak tahu apa-apa. "Tapi aku melihat kaum liberal membenci George Bush. Itu adalah setan. Dan aku memikirkan hal itu, dan aku tidak mendapatkannya. Dia tidak lebih buruk dari yang lain, dia? Dan saya akan meminta teman-liberal saya, "Nah, mengapa kau membencinya?" Mereka semua akan berkata: "Dia berbohong tentang senjata pemusnah massal." Oke. Anda mencintai Kennedy. Kennedy tidak menulis Profiles in Courage -dia berbohong tentang hal itu. 'Bush di tempat tidur dengan Saudi! " Oke, Kennedy di tempat tidur dengan mafia. " Memutar-Nya tentang politik, sebuah komedi yang disebut November , dibuka di Broadway pada Januari 2008 untuk ulasan lumayan dan berlari sampai pertengahan Juli. Dia menyebutnya sebagai "surat cinta ke Amerika." Baris terakhir, diucapkan oleh seorang presiden yang korup tidak masuk akal tapi anehnya menawan, adalah "Yesus, aku mencintai negeri ini"-dan ironi itu hanya dimaksudkan untuk pergi sejauh ini. Salah satu tema bermain adalah bahwa negara itu sendiri adalah jauh terlalu baik bagi politik, terutama ketika politisi berusaha untuk memerintah dengan melayani tujuan mereka sendiri egois. "Aku bertanya-tanya, Bagaimana fungsi sistem begitu baik? Karena tidak-fungsi sistem indah "Bagaimana negara, paling bahagia paling bebas, dan paling makmur dalam sejarah tumbuh dari hutan Hobbes.? "Saya menyadari itu karena hal ini, keajaiban ini, Konstitusi Amerika Serikat." Pemisahan kekuasaan, jaminan properti, kebebasan berbicara dan agama berarti bahwa diri tertarik warga negara memiliki sistem di mana mereka bisa menuntaskan mereka perbedaan tanpa membunuh satu sama lain. Setiap orang yang ingin bisa maju. Pendiri telah menerima pandangan tragis kehidupan dan, karena itu, membuatnya membayar. Ini sebuah paradoks bahagia: Pandangan suram dari salah satu sifat manusia-dan yang Mamet adalah penghargaan suram-yang lebih dalam dari keajaiban Amerika."Sebagai seorang Amerika, saya tidak berpikir bahwa politik saya lebih baik daripada politik orang lain," kata Mamet TV Charlie Rose pewawancara ketika November dibuka. "Saya seorang penulis gag." Meskipun begitu, ia setuju untuk menulis sebuah esai tentang politik drama ini untuk Village Voice . Dalam esai Mamet mengakui bahwa banyak keyakinan sebelumnya politik yang kini melanda dia sebagai refleksif dan membabi buta: Negara yang ada di sekali-demam imajinasi-sebuah liberal distopia lumpuh oleh krisis yang diperlukan penyebaran langsung dari kemiripan pemerintah federal yang sedikit membosankan ke negara di mana ia benar-benar hidup, di mana orang berinteraksi dengan lancar di pasar untuk mereka saling menguntungkan. Dia telah menyadari bahwa perusahaan-perusahaan yang baik untuk menyediakan kebutuhan hidup. The "Big Bad Militer" dari mewah mudanya telah, ia menemukan, sebuah organisasi yang dibangun di atas keberanian dan kehormatan. Untuk saat ini, katanya kepada Suara pembaca, ia sedang mencari "pemahaman manusia dari proses politik. . . di mana saya percaya saya mungkin berhasil. " Suara editor hyped sepotong Mamet dengan judul menarik perhatian, "Mengapa Aku Tak Lagi sebuah 'Mati Otak-Liberal." "Esai itu lebih ringan daripada judulnya. Ini adalah karya seorang pria di pertengahan konversi. Mamet politik pada saat itu paling baik diungkapkan dalam pidato pada akhir November tindakan yang kedua, mungkin yang paling-mungkin satu-satunya ayat Mamet bersalah pernah menulis. Pembicara pidato idealis presiden bengkok itu (seorang lesbian yang telah sadar membawa virus flu burung dari Perancis dan terinfeksi kalkun Thanksgiving bahwa presiden seharusnya untuk mengampuni, meskipun dia hanya akan masalah pengampunan jika ia disuap oleh seorang kepala suku India. ... Ini komedi). "Para rekan atau wanita di pendingin air?" Kata penulis pidato itu. "Kami tidak tahu politik mereka. Kita menilai karakter mereka dengan hal-hal sederhana: Apakah mereka menghormati, apakah mereka tepat waktu, dapat mereka mendengarkan. . . . Jika Anda melihat jajak pendapat tampaknya kita 'bangsa dibagi. " Tapi kami bangsa aren'ta dibagi, Sir. Kami demokrasi. Kami memiliki pendapat yang berbeda. Tapi kita menertawakan lelucon yang sama, kita saling bertepuk punggung ketika kita membuat kuota bulan itu, dan, Pak, saya sama sekali tidak yakin bahwa kita tidak saling mencintai. " Mengingat korupsi yang melekat pada keberpihakan, Mamet menolak untuk percaya bahwa satu sisi sengketa publik kita benar-benar unggul dari yang lain. "Hak ini melenguh tentang iman," tulisnya di akhir Suara esai, "sebelah kiri adalah melenguh tentang perubahan, dan banyak yang marah tentang orang-orang bodoh di sisi lain-tetapi, pada akhir hari, mereka orang-orang yang sama kita bertemu di pendingin air. " Ini adalah sentimen yang indah, terutama menghibur orang-orang yang sangat tidak ingin mengambil politik serius. Kepercayaan bahwa pemerintah pada dasarnya adalah pekerjaan con dijalankan oleh penipu yang alami bagi Chicago. Di Chicago, di mana Mamet lahir tidak lama setelah Perang Dunia Kedua, penduduk asli hanya diasumsikan bahwa politisi dalam permainan untuk memperbesar kekuasaan yang mereka sendiri baik-baik saja, selama orang lain punya karyanya juga: ham saat Natal, tiket parkir tetap, pekerjaan di Departemen Sanitasi bagi saudara hukum-di-Dipso. Untuk Mamet ini sedikit kebijaksanaan Chicago bawaan hanya telah diperkuat di Santa Monica, komunitas, sayap kiri firdausnya mana ia telah tinggal sejak tahun 2003. Ini adalah game yang sama di Santa Monica seperti di Chicago, kecuali dengan pernis tidak menggugah selera diri tentang kesalehan dari pols. Tidak lama setelah pindah ke kota, Mamet melakukan perampokan pertama ke dalam aktivisme sipil, ketika Dewan Kota menghidupkan kembali peraturan 60 tahun dan mencoba untuk memaksa Mamet dan tetangga untuk memotong pagar di sekitar rumah mereka, sesuai dengan yang baru diartikulasikan "hak publik untuk pemirsa hak milik pribadi." "Mereka hanya membuat itu," katanya. Kami makan siang di siang hari yang biasa menghantui beberapa blok dari kantornya dan mil dari pantai. Perang Hedge, sebagai pers lokal disebut kontroversi, adalah hal pertama yang disebutkan ketika saya bertanya tentang pindah kanan-Nya. Dia bergabung dengan protes, bersaksi pada dengar pendapat, dan menulis sebuah op-ed di LA Times . Sisi-Nya akhirnya menang. Peraturan diubah, tetapi tidak sebelum kota harus memberlakukan peraturan rakit daun baru dan menciptakan sebuah komisi lindung nilai baru untuk menegakkan mereka. "Ini tidak masuk akal," katanya. "Tapi ini adalah bagaimana pemerintah bekerja-semua pemerintah. Saya melihat tidak ada perbedaan antara lindung nilai dan komisi pemerintah AS. Ini semua prinsip yang sama. " Orang tua Mamet bercerai ketika ia masih muda, dan ia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya setelah putus hubungan dengan ayahnya, seorang pengacara perburuhan yang sangat sukses. Iman dalam serikat bahwa ayahnya menanamkan dalam dirinya tidak bertahan pemogokan penulis skenario 'dari 2007-08-salah satu peristiwa paling banyak dipublikasikan dalam sejarah Hollywood dan yang paling cepat dilupakan, sehingga hina adalah kebodohan dan kegagalan akhir dari penulis 'serikat. Untuk Mamet itu lagi giliran ratchet jauh dari kiri. "Mereka mempertaruhkan tidak hanya pekerjaan mereka sendiri tetapi pekerjaan setiap orang yang tidak ada untuk memperoleh hasil dari pemogokan-driver dan pelukis adegan dan orang-orang yang di set 14 jam sehari bekerja pantat mereka pergi. Orang-orang ini bekerja diusir dari bekerja dengan para penulis-10, 000 orang kehilangan pekerjaan mereka di Natal. Ini adalah hal goddamnedest pernah kulihat dalam hidupku. Dan untuk apa? Mereka tidak tahu apa yang mereka mencolok untuk-sekadar mimpi liberal belum lengkap. "Pertanyaannya terjadi kepada saya cukup banyak: Apa yang liberal lakukan ketika rencana mereka telah gagal? Apa yang penulis lakukan ketika rencana mereka menyebabkan pengangguran, sendiri dan orang lain mereka? Satu hal yang mereka tidak bisa lakukan adalah mengakui bahwa mereka gagal. Mengapa? Untuk mengakui kegagalan akan membahayakan posisi mereka di kawanan. " Salah satu buku favorit Mamet telah Naluri dari Herd Perdamaian dan Perang , diterbitkan selama Perang Dunia Pertama oleh psikolog sosial Wilfred Trotter Inggris, penemu istilah "insting kawanan." "Kata Trotter naluri kawanan pada hewan adalah kuat bahkan dari pelestarian kehidupan," kata Mamet. "Jadi aku sedang melihat [2008] perdebatan. Teman liberal saya akan meludah pada menyebutkan nama Sarah Palin. Atau mereka benar-benar akan mime tindakan muntah. Kami mengawasi perdebatan dan salah satu teman saya berpura-pura muntah dan berkata, 'Saya harus meninggalkan ruangan. " Saya pikir, oh tuhan saya, ini adalah Trotter! Ini adalah reaksi dari naluri kawanan. Ketika domba menemukan serigala lipat, itu muntah untuk menangkal penyerang. Ini adalah tanda bahwa posisi mereka dalam kelompok ini terancam. " Mamet berlari ke naluri kawanan setiap hari. "Aku sudah memberikan kapal dari Pengetahuan Rahasia ke beberapa teman. Mereka mengatakan, 'Aku takut untuk membacanya. " Aku berkata, 'Kenapa kau harus takut untuk membaca sesuatu? " "Apa yang mereka takutkan? Mereka takut kehilangan kemampuan mereka untuk tinggal di kawanan. Itulah yang saya temukan di diriku. Hal ini dapat memilukan ketika Anda mulai berpikir jauh dari kawanan. " Mamet penghinaan untuk konsensus, untuk kebijaksanaan menerima apapun, telah terlihat dalam hampir setiap aspek karirnya. Dirayakan oleh para akademisi dan kritikus sebagai seorang seniman besar Amerika, ia membenci berbicara tentang Seni, terutama ketika datang dari para kritikus dan akademisi. Sebagai dicari guru bertindak, ia wrings dari murid-muridnya tetes terakhir dari introspeksi dan keangkuhan Stanislavskian. "Anda tidak perlu untuk menggali ke dalam karakter Anda," katanya mereka. "Hanya membaca kata-kata." Sebagai seorang sutradara film dan penulis skenario dihormati dia sadar diri konvensional-nya film cocok dengan genre akrab: perang film, film detektif, film petualangan, dan film pencurian disebut Heist -hanya ketika pengagumnya mungkin memiliki kembang api yang diharapkan dan eksperimen. "Semua film film genre," katanya. "Jika mereka berbicara tentang 'artis,' tahu kau kau mendengar lembu-." Ketika ia telah menjadi perlengkapan tetap yang dibayar tinggi di Hollywood ia diproduksi untuk panggung satir Hollywood yang paling kejam yang pernah ditulis, Kecepatan-the-Membajak . Tapi berpikir berbeda tentang politik itu. . . berbeda. "Dave adalah pemikir yang sangat menyeluruh," kata Mordecai Finley saya, "tapi tidak pernah terpikir olehnya bahwa mungkin ada cara lain untuk berpikir tentang politik." Finley adalah rabi di Ohr HaTorah di Los Angeles, di mana Mamet menghadiri pelayanan dengan istrinya, aktris Rebecca Pidgeon, yang masuk agama Yahudi setelah pernikahan mereka pada tahun 1991. Praktik keagamaan Mamet, bersama dengan sensitivitas ke Israel, telah diperdalam karena dia pindah ke Southern California dan bergabung Ohr HaTorah. Pada tahun 2006, ia menerbitkan sebuah buku terik esai, Anak Jahat , memarahi orang-orang Yahudi sekuler untuk (dugaan) mereka membenci diriku sendiri-dan keengganan untuk membela Israel. Anak Jahat didedikasikan untuk Finley. Dia adalah makhluk yang tidak seharusnya ada di alam: rabi Republik sebuah jemaat liberal dikemas dengan orang menunjukkan. "Untuk sebagian besar anggota jemaat saya," katanya, "Aku hanya Partai Republik yang mereka ketahui." Finley ingat percakapan dengan Mamet dan Pidgeon selama primer Demokrat California presiden pada tahun 2004. Mereka meminta rabbi dan istrinya yang Demokrat mereka akan memilih. "Kami berkata, 'Tidak satu pun dari mereka." "Dave berkata, 'Oh, tidak-kau tidak akan memilih Nader!" "Aku berkata, 'Tidak' "Dan kemudian Anda bisa melihatnya memukulnya. "Bukan Bush!" "'Well, ya. Bush. " "Dave meminta maaf. Dia pikir dia akan malu kita! Dia berkata, "Oh, maafkan aku! Aku tidak bermaksud ikut campur! Aku seharusnya tidak bertanya! " "Saya berkata, 'Tidak, tidak, itu benar-benar tidak masalah. Ini bukan seperti kita mencoba untuk tetap rahasia. " " Masih aman dengan kawanan, Mamet melakukan untuk membongkar rabbi menjauh dari politik bid'ahnya. Dia mulai mengirimkan buku Finley, potboilers liberalisme kontemporer seperti Apa Materi dengan Kansas? "Mereka sangat polemik, buku marah," kata Finley. "Mereka sangat besar pada simpati dan kasih sayang tapi sebenarnya mereka tidak"-ia mencari kata-"mereka hanya tidak logis koheren. Dan Dave sangat logis dalam pemikirannya. Dave berpikir Apa Materi dengan Kansas? punya jawaban untuk mengapa orang bahkan bisa berpikir untuk memilih Partai Republik itu karena mereka ditipu oleh kucing gemuk kapitalis. Aku mencoba mengatakan kepadanya bahwa orang benar-benar tidak begitu bodoh. Mereka hanya memiliki kepentingan lain, nilai-nilai lain. Mereka nilai pemilih. "Itu satu hal yang mulai melihat: kiri rata orang, mengurangi orang untuk kepentingan keuangan. Dave seniman. Dia tahu orang lebih dalam dari itu. " Sebelum lama, ketika Finley bergeming, buku-buku dari Mamet berhenti tiba, dan Finley bertanya apakah dia bisa mengirim Mamet beberapa buku juga. Salah satu yang pertama adalah Sebuah Konflik Visi , oleh Thomas Sowell dari Hoover Institution. Di dalamnya Sowell memperluas perbedaan antara "visi dibatasi" manusia alam-dekat dengan pandangan tragis yang menanamkan Mamet terbesar memainkan-dan "visi tak terbatas" perbaikan tanpa akhir manusia yang diliputi politik Mamet dan politik profesi dan sosial kelas. "Dia datang kembali kepada saya tertegun. Dia berkata, "Ini luar biasa!" Dia berkata, "Siapa yang berpikir seperti ini? Siapa orang-orang? " Aku berkata, "Partai Republik berpikir seperti ini." Dia berkata, "Menakjubkan." " Finley menumpuk pada, dari sejarah Paulus Johnson untuk ekonomi Milton Friedman ke meditasi pada ras oleh Shelby Steele. "Dia dihantui oleh apa yang ia temukan dalam buku-buku, ini cara berpikir baru," kata Finley. "Ini mengikutinya sekitar dan tidak akan membiarkan dia pergi." Selama bertahun-tahun Mamet dan Finley berbicara melalui telepon setidaknya sekali, kadang-kadang dua kali sehari. Dia menjadi teman dengan Sowell dan Steele, rekan lain Hoover Institution. Mamet berdedikasi bermain paling populer baru-baru ini, Ras , untuk Steele. Seorang mantan profesor sastra, Steele mengatakan kepada saya ia telah menjadi pengagum karya Mamet sejak 1970-an dan mengira dia mendeteksi tanda-tanda konservatisme yang baru mulai di memainkan. "Saya pikir dia memiliki nilai yang sama hari ini bahwa ia lakukan sebelumnya," kata Steele. "Dia berkata kepada saya bahwa dia berpikir mungkin dia selalu konservatif tanpa menyadarinya. Semua yang terjadi adalah, ia akhirnya menemukan suatu politik yang cocok nilai-nilai. " Mendengarkan bicara Mamet, menyapu bersama dengan kefasihan pasang surut nya, Anda merasa sulit untuk membayangkan dia meraba-raba menuju momen katarsis intelektual. Sebagai aturan Mamet menghindari soliloquies dalam drama-dramanya, dan back-dan-sebagainya tumpul irama dari pidato tokoh-tokohnya ', digigit off dengan keragu-raguan canggung, lalu reboot dalam ditanduk terburu-buru, menjadi merek dagang yang imajinatif kritikus dibutuhkan untuk memanggil "Mametspeak. "Ini efek artistik tinggi yang dapat, setelah dua jam dalam sebuah teater yang gelap, retune telinga, mengatur ulang cara seseorang mendengar pidato-hanya sebagai pelukis besar dapat memaksa Anda untuk mengambil warna dan cahaya dengan perhatian baru dan intensitas. Mamet tidak berbicara dalam Mametspeak dirinya. Tanyakan kepadanya pertanyaan dan dia hanya barel pada melalui, sering panjang lebar. Dia punya tebing kepercayaan diri dari macho penulis-ada beberapa ini-dada berbulu scribblers dalam tradisi Amerika, dari Jack London dan Ambrose Bierce melalui Hemingway James Jones dan Irwin Shaw. Tentu saja dia bersumpah sebebas Chicagoan apapun, dengan kasih sayang khusus untuk bom F-dan banyak varian nya. Ketika baterai alat bantu dengar gagal saat makan siang kami, dia menarik lubang suara dari telinganya, memandangnya tajam, dan berkata: ". F-Anda" Kemudian lagi, dia masih showfolk. Dia, hanya berbicara kasar lurus Southsider saya pernah bertemu yang memakai kacamata dengan bingkai kuning bening. Saat makan siang kami terganggu sering oleh pemohon menginginkan kata dengan dia-penghargaan untuk kebaikan dan menarik profesional: Dia dilaporkan mengambil $ 2 juta untuk script selesai, dan merupakan dramawan hanya Amerika yang dapat membuka acara di Broadway hanya pada kekuatan namanya. Dia mendengarkan setiap pengunjung dengan perhatian pasien. Tidak hanya aku tak pernah mendengar kata salib tentang dia, setelah berbicara dengan kolega dan kenalan, saya belum pernah berbicara dengan siapa pun yang mendengar kata salib tentang dirinya. Dua atribut pribadi yang datang melalui terutama dalam percakapan, dan dalam Pengetahuan Rahasia , adalah rasa syukur dan kerendahan hati, baik dianggap sebagai kebajikan konservatif. Kerendahan hati-Nya adalah dari jenis epistemologis, diperkuat dalam politik dan ekonomi dengan membaca nya Friedman dan Hayek, para kritikus besar perencanaan pusat. Rasa terima kasihnya bersifat komprehensif. Pada sore hari kami yang panjang berbicara tentang politik, dia terus kembali ke bagaimana dia bersyukur untuk keberuntungan umum yang baik dalam hidup, tetapi terutama untuk menjadi seorang Amerika. "Nenekku datang ke negeri ini dan dia dan dua anak laki-laki ditinggalkan oleh suaminya," katanya. "Dia tidak bisa berbahasa Inggris. Pendidikan. Dan selama Great Depression ia mampu bekerja keras dan menabung dan dia menempatkan mereka baik melalui sekolah hukum "Suaranya memiliki nada heran untuk itu, seakan masih terpesona oleh penemuan baru.. "Maksudku, apa yang negara. Itu neraka suatu negara. " Setelah makan siang kami berjalan kembali ke kantornya, dan di jalan dia menceritakan proyek-proyek baru. Aku bertanya-tanya bagaimana Mamet tentang-to-be-terkena rightwingery akan mempengaruhi pekerjaan-dan, di antara kritikus dan rekan kerja, reaksi terhadap karyanya. Bisnis pertunjukan, seperti semua budaya populer hari ini, adalah ostentatiously dipolitisir. Aktor, sutradara, produser, dan penulis yang menulis tentang mereka-semua berperilaku seolah-olah mereka menerima paket dari pandangan politik yang disetujui dengan kartu serikat mereka. Mereka akan waspada untuk tanda-tanda deviationism ideologi dalam hal Mamet dari sekarang. Mereka mungkin tidak perlu melihat terlalu jauh. Mamet menyebutkan skenario bahwa ia berharap akan segera diproduksi melibatkan seorang gadis muda yang kaya berlaku untuk Harvard. Ketika dia menolak tiba-tiba ia menyatakan dirinya seorang Aztec untuk memenuhi syarat untuk tindakan afirmatif. Agaknya kesenangan dgn ribut tinggi terjadi. Seorang dua-karakter baru memainkan pembukaan di London musim gugur ini, Anarkis tersebut , adalah "pedang melawan-verbal" antara dua perempuan usia tertentu, salah seorang veteran radikalisme 1960-an, dipenjara seumur hidup atas tuduhan pemboman, dan yang lainnya penjara gubernur reaksioner dari siapa penuaan radikal berharap untuk menerima pembebasan bersyarat. Terlepas dari manfaat sejati bermain, kita dapat mengharapkan kata didaktis untuk mendapatkan latihan dari para kritikus. Setelah membaca Pengetahuan Rahasia di kapal, di Fox News host dan penulis Greg Gutfeld menemukan David Mamet Serangan Jam Countdown, yang tok Centang "memonitor hari sampai seorang seniman liberal sekali dimuliakan diberhentikan sebagai badut tidak berbakat.". "Yang saya lakukan adalah menulis setiap hari," katanya, sambil membuka kunci pintu ke townhouse yang berfungsi sebagai kantornya "Saya duduk di sini dan menulis.. Saya tidak melihat siapa pun. Aku tidak bersosialisasi. Saya membaca , dan aku menulis, dan kemudian aku pulang ke istri saya. " Dan esai dalam Pengetahuan Rahasia lakukan kadang-kadang memiliki nada seorang pria terkunci sendirian di kantor, berbicara dengan dirinya sendiri. "Saya monomaniac," kata dia dari masa dia menulis buku. "Rata." Prosa bergerak sangat cepat, dan beberapa argumen tampaknya akan hilang beberapa langkah penting beberapa; roket tempat untuk kesimpulan pada kekuatan kemarahan belaka. Konversi selesai: Ini bukan sebuah buku oleh orang yang sama yang mengatakan Charlie Rose dia tidak ingin memaksakan pandangan politiknya pada siapa pun. Pada beberapa saat-saat ketika ia gembira mengumumkan bahwa bumi pendinginan tidak pemanasan, QED-Anda bertanya-tanya apakah mungkin dia tidak dalam bahaya bertukar satu kawanan yang lain. Dia bilang dia tidak membaca blog politik atau majalah. "Saya berkeliling dan mendengarkan orang-orang talk show," katanya. "Beck, Prager, Hugh Hewitt, Michael Medved." Meskipun demikian, bagi siapa saja yang mengagumi Mamet dan karyanya-dan yang setuju dengan sebagian besar baru ditemukan nya pandangan politik-ada sesuatu yang mendebarkan tentang melihat seorang pria sehingga dicapai dalam subjek seni tak kenal ampun itu ide untuk pemeriksaan kejam dan, seperti yang ia katakan, "mengambil semua jalan ke cat." Ketika Mamet diakui dirinya sebagai seorang konservatif, Shelby Steele mengatakan kepada saya, "membuatnya bahagia." Dia tidak bebas berbicara tentang apa biaya dia secara psikologis, namun, dan ia mengatakan ia tidak berpikir tentang apa yang mungkin biaya nya profesional. Ketika saya mendorongnya pada subjek, ia mulai berbicara tentang Jon Voight, menunjukkan lain Republik bisnis. Suatu hari Voight menyerahkan Saksi , memoar Perang Dingin dengan Komunis-berubah-anti-Komunis Whittaker Chambers. "Buku ini akan mengubah hidup Anda," ujar Voight Mamet. "Dan dia benar," kata Mamet. "Ini memiliki efek besar pada saya. Memaksa diri menjadi cara berpikir baru tentang hal-hal adalah pengalaman memilukan. Tapi pertama-tama Anda harus melihat kembali dan menebus. Anda berpikir, 'Oh Tuhan, apa yang sudah kulakukan? Apa yang kupikirkan? " Anda menyadari Anda sudah menjadi co-dependen dengan kawanan. Dan kemudian, ketika Anda memutuskan untuk mengatakan apa yang Anda telah menemukan, keras, Anda mengambil risiko bahwa setiap orang yang Anda tahu akan terlihat pada Anda sebagai orang bodoh. " Duduk di sofa empuk di kantornya, ia mengangkat tangannya. "Tapi apa," katanya. "Aku pengacau. Itulah peran saya dalam kehidupan. Saya adalah badut kelas. " Mulai bulan depan kami akan mencari tahu siapa yang tertawa. Andrew Ferguson adalah editor senior di The Weekly Standard dan penulis Gila U: Satu Kecelakaan Kursus Dad dalam Mendapatkan Kid-Nya Ke Sekolah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar